MEDIA DONAT GIMBAL DALAM PEMBELAJARAN FAKTA DAN PENDAPAT PADA BERITA

Authors

  • Sitilutviya SMP Negeri 2 Pungging

Keywords:

Donat Gimbal, Fakta, Pendapat, Berita

Abstract

Abstak

 

Berita menjadi suatu konten yang ada pada kompetensi bahasa oleh fase D. Menjadi salah satu materi ajar, berita nampaknya akrab dengan aktivitas harian siswa. Namun hasil pembelajaran di lapangan tak sesuai kenyataan kedekatan materi berita dengan keseharian.  Salah satu materi yang terkandung dalam teks berita ialah menentukan kalimat fakta dan pendapat pada teks berita. Berdasarkan hasil observasi penyebab ketidakmampuan peserta didik untuk membedakan kalimat fakta dan pendapat ialah pembelajaran yang hanya terpusat pada guru. Faktor kedua yang menjadi penyebab sulitnya siswa membedakan kalimat fakta dan pendapat ialah media pembelajaran kurang menarik. Faktor berikutnya ialah suasana pembelajaran yang kurang menyenangkan bagi peserta didik. Penelitian ini akan menerapkan pembelajaran menentukan perbedaan opini dan fakta dengan memakai media donat gimbal. Kata gimbal merupakan kependekan dari bagi tim, diskusi, dan kembali, lomba. Gimbal merupakan langkah-langkah dalam proses pembelajaran menentukan kalimat fakta dan pendapat. Data pada aktivitas ini merupakan Class Action Research. Hasil belajar siswa yang diperoleh setelah penggunaan media Donat gimbal bila dibandingkan sebelum memakai  Donat gimbal saat di kelas, maka didapat peningkatan hasil yang cukup signifikan yaitu 16,86 saat siklus pertama dan 7,6 saat digunakan pada siklus kedua. Sesuai data yang diperoleh saat penerapan, dapat dikatakan penggunaan media donat gimbal dapat meningkatkan kemampuan membedakan kalimat fakta dan pendapat.

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekantan Praktik (edisi revisi VI). Jakarta: Rineka Cipta.

Aqib, Zainal. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.

Gembroy. Rubynetonline.blogspot.com. Compact Disc. Diakses tanggal 10 Maret 2016 pukul 23.00 WIB.

kbbi.web.id diakses tanggal 10 Agustus 2023 pukul 06.38 WIB

Kustina, Rika.2013. Peningkatan Pemahaman Pengidentifikasian Fakta dan Opini Harian Serambi Indonesia dengan Metode Kooperatif Learning Menggunakan Teknik Numbered Heads Together (NHT) Pada Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Inshafuddin Banda Aceh Tahun 2012-2013.

Sadiman, Arif dkk. 1986. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Sugiono, dkk. 2008. KBBI. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. 2007. Media Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

www.ark21.com/history/sejarah-dan-asal-usul-donat-di-dunia/. Diakses tanggal 10 Agustus 2023 pukul 18.53 WIB

www.e-jurnal.com/2013/12/pengertian-berita- menurut- para- ahli. html diakses tanggal 10 Agustus 2023 pukul 09:29

www.indonesiastudents.com/ pengertian-donat -dan-sejarahnya/ diakses tanggal 10 Agustus 2023 pukul 12.37 WIB).

Yasa, I Nyoman, dkk. 2008. Penggunaan Teknik Mind Mapping untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Menentukan Fakta dan Opini pada Tajuk Rencana Bali Post di Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Sawan.

Downloads

Published

2024-05-29

How to Cite

Sitilutviya. (2024). MEDIA DONAT GIMBAL DALAM PEMBELAJARAN FAKTA DAN PENDAPAT PADA BERITA. Lingin Journal of Linguistics, 1(1), 17–25. Retrieved from https://lingin.upnjatim.ac.id/index.php/lingin/article/view/6