PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SCRIPT KOPERASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENDENGARKAN SISWA KELAS X PADA MATERI TEKS EKSPOSISI MADRASAH ALIYAH MA'ARIF 13 NGIMBANG, LAMONGAN, JAWA TIMUR

Authors

  • Mu'minin Mu'minin Universitas PGRI Jombang
  • Nuke Kumala Dewi Universitas PGRI Jombang

Keywords:

Listening Skill, Exposition Text, Cooperative Script Learning Method

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses penerapan dan peningkatan keterampilan teks eksposisi analitis pada siswa kelas X di MA Ma'arif 13 Ngimbang, Lamongan, Jawa Timur. Penelitian tindakan kelas ini memanfaatkan sistem pembelajaran Cooperative Script. Instrumen pengumpulan data meliputi metode tes dan non tes, seperti lembar observasi guru dan lembar observasi siswa. Prosedur pelaksanaannya meliputi perencanaan, pengambilan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran Cooperative Script meningkatkan keterampilan teks eksposisi analitis siswa secara signifikan. Rata-rata hasil belajar siswa meningkat dari skor prasiklus sebesar 70,69 menjadi 77,04 pada siklus I dan 81,08 pada siklus II. Berdasarkan hasil pengujian tersebut dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Cooperative Script efektif meningkatkan keterampilan teks eksposisi analitis siswa kelas X MA Ma'arif 13 Ngimbang, Lamongan, Jawa Timur.

References

Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:Rineka Cipta

Giri, Kadek Yondika Yusa, Dkk. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Script Berbantuan Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar IPS Kelas IV, 6 (1). (Online), https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/13108, diakses 05 Januari 2018.

Hermawan Herry. (2012) . Menyimak : Keterampilan Berkomunikasi yang Terabaikan. Yogyakarta: Graha Ilmu

Huda,Miftahul. (2013). Model-Model Pengajaran.Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Keraf, Gorys. (2015). Eksposisi dan Deskripsi. Flores:Nusa Indah

Majid,Abdul. (2013). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Nurgiyantoro,Burhan. (2010). Penilaian Pembelajaran Bahasa.Yogyakarta:BPFE

Nurwakhidah, Irma .(2013). Peningkatan Kemampuan Membaca Skimming Dengan Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Pada Siswa Kelas X Akuntansi SMK Sultan Agung 2 Tebuireng Jombang Tahun Pelajaran 2013/1014. Skripsi tidak diterbitkan. Jombang, Indonesia: STKIP PGRI JOMBANG

Oktaviyani, Vani, dkk (2014). Keefektifan metode cooperative script dalam pembelajaran membaca pemahaman siswa kelas VII SMP Negeri 1 Manisrenggo, 3 (1).(online), (http://journal.student.uny.ac.id/jurnal/artikel/6069/10/653), diakses 26 November 2017.

Shoimin, Aris. (2014) . 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA

Sumadayo, Samsu. (2013). Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta:Graha Ilmu

Tarigan, Henry Guntur. (2008). Menyimak sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa

Downloads

Published

2024-05-29

How to Cite

Mu’minin, M., & Dewi, N. K. . (2024). PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SCRIPT KOPERASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENDENGARKAN SISWA KELAS X PADA MATERI TEKS EKSPOSISI MADRASAH ALIYAH MA’ARIF 13 NGIMBANG, LAMONGAN, JAWA TIMUR. Lingin Journal of Linguistics, 1(1), 40–51. Retrieved from https://lingin.upnjatim.ac.id/index.php/lingin/article/view/8